Kamis, 10 Mei 2012

Cara Membersihkan Sendiri Accu Basah Sepeda Motor

Accu/Aki merupakan salah satu bagian terpenting kendaraan, yang berfungsi sebagai penyimpan listrik dan pengubah dari tegangan AC yang dihasil oleh generator pada mesin kendaraan ke tegangan DC. Accu merupakan sumber listrik DC yang ada pada kendaraan yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan pada komponen kendaraan yang memerlukannya seperti starter, lampu penunjuk belok, lampu rem, lampu penunjuk posisi gear, klakson dst.
Accu yang sudah dipakai dalam jangka yang lama tidak bisa menyimpan listrik dengan semestinya karena terhalang oleh kotoran yang menempel dari hasil proses kimia antara timah hitam, Air Accu, dan lainnya sehingga menyebabkan elemen-elemen tersebut lama-kelamaan menjadi lapuk.
Bagi Anda yang mempunyai motor kebetulan accunya sudah lemah, ada 2 (dua) cara untuk menyegarkan lagi sekaligus membersihkan endapan yang menmpel pada lempengan elemen-elemen (deposit sulfat)  Accu anda agar bisa bekerja maksimal lagi. Ya, walaupun tidak semaksimal dengan cara di lem biru (lempar beli Yang baru).
A.  Cara 1

Yang harus disiapkan:
  1. Obeng Min
  2. Air panas
  3. Sabun Deterjen
  4. Air Accu yang khusus untuk Accu baru (bukan air Accu untuk tambahan)
Cara-caranya:
  1. Buka tutup Accu dengan obeng min lalu buang airnya ke tempat yang aman, hati-hati jangan sampai kena kulit bisa menimbulkan iritasi (gatal-gatal, melepuh).
  2. Siapkan air panas ± 1.5 liter dan campurkan deterjen 1 sendok makan lalu aduk sampai rata.
  3. Tuangkan air panas tadi yang telah dicampur dengan deterjen tersebut ke dalam Accu yang sudah anda buang airnya dan biarkan sampai lima menit. Setelah itu kocok-kocok sebentar (jangan terlalu keras karena bisa merusak elemen-elemen didalamnya) lalu buang beserta endapan-endapannya. Agar hasilnya benar-benar bersih lakukan langkah No. 3 ini sampai 3 kali.
  4. Setelah Accu anda bersih, karena didalamnya masih terdapat air sabun maka ulangi langkah no. 3 tadi dengan catatan air accunya yang baru serta tidak memakai deterjen lagi. Ingat sisakan Air Accu barunya ± ¼ liter atau sesuaikan dengan kapasitas Accu Anda. Agar lebih irit gunakan air biasa terlebih dulu nanti sekiranya air sabun telah agak hilang, baru pakai air accu untuk pencucian akhir.
  5. Setelah langkah –langkah diatas selesai. Isikan sisa air accu tadi sesuai dengan garis maksimal yang tertera di sebelah samping lalu tutup rapat-rapat agar tidak terjadi kebocoran.
  6. kembalikan lagi accu tersebut ke alamnya (pasang dimotor lagi), hati-hati jangan terbalik masang kabelnya. Silahkan tes semua lampu yang berhubungan dengan accu tersebut usahakan semuanya nyala kecuali starter motor karena arus listriknya masih lemah, perlu dilakukan penyetroman ulang. Penyetrooman (Charger) bisa dilakukan dengan motor sendiri (± 3 hari-an, tergantung lama tidaknya motor anda dipakai) atau menggunakan jasa peyetrooman accu paling mahal Rp. 5.000,00 lamanya 2 jam.
B.  Cara 2
Cara kedua ini hampir sama dengan cara yang ke satu, hanya perbedaaannya cara keduanya memakai bubuk kimia yang dapat merontokkan deposit sulfat pada cell accu yang nama kimianya biasa di sebut Na4-EDTA (Tetrasodium EDTA). Pada beberapa toko kimia menyebutnya sebagai “EDTA Teknis“. Saya mendapatkannya dengan harga 33ribu/kg. Menurut pengalaman teman-teman dan referensi di Internet, khasiat Na4-EDTA (Tetrasodium EDTA) ini bisa membuat accu menjadi segar kembali, dan jika rutin menggunakan Na4-EDTA setiap bulannya, dapat membuat masa pakai accu bisa mencapai 2-3 kali lebih lama.. atau sekitar hingga 4-5 tahun!Tentunya ini adalah solusi murah, hemat dan tepat guna. cara penggunaannya cukup campurkan bubuk Na4-EDTA dengan Air Accu yang mana perbandingan campurannya 5 Sendok Teh untuk 1 Liter Air Accu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar